Sejarah Terjadinya Black Hole

Sejarah Terjadinya Black Hole


Sejarah Jair - Awal mulanya sebelum terjadi Black Hole adalah sebuah bintang yang memiliki massa 5 kali atau ratusan juta kaliukuran Matahari. Sedangkan matahari sendiri merupakan bintang yang ukurannya cukup besar.

Bintang yang massa nya lebih besar dari matahari umurnya akan lebih pendek, karena lebih cepat menghabiskan Hidrogennya. Bintang akan runtuh oleh massanya sendiri bila keseimbangan hidrostatiknya terganggu. Apabila bahan bakar hidrogen telah habis, maka reaksi termonuklir akan terhenti.

Akibat dari reaksi termonuklir yang terhenti akan mengsailkan tekanan ke arah luar berkurang. Akibatnya, seluruh materi bintang tersedot ke arah pusat bintang oleh gravitasi bintang itu sendiri. Bintang akan menjadi tidak stabil dan inti bintang akan menjadi sangat padat, dikarenakan seluruh materinya mengumpul disana.

 Ketika Pusat bintang tidak sanggup lagi menahan tekanan yang terjadi, bintang tersebut mirip seperti balon yang sedang ditiup hingga pecah, dan bintang tersebut suatu saat akan meledak menjadi supernova. 

  • Proses terjadi nya black hole
1 . Sebuah bintang yang berukuran kecil seperti Matahari kita apabila mati/meledak akan berubah menjadi bintang neutron.
Image result for Nova

Bintang neutron merupakan bintang yang sangat padat materinya hasil ledakan bintang sebelumnya. bintang neutron berukuran sangat kecil dan hanya berdiameter 20km. namun memiliki masa yang sangat berat. Bintang neutron hanya terdiri atas cairan inti dan kerak yang padat.

2 . Bintang - bintang di alam semesta ( yang jauh lebih besar dari matahari ) tidak akan lenyap dalam periode jutaan tahun seperti massa yang lebih kecil. Bintang - bintang itu akan lenyap apabila terjadi ledakan nuklir yang sangat besar. Ledakan tersebutlah yang dikenal dengan sebutan Supernova.

Image result for super Nova

3 . Beberapa bintang yang memilika massa yang sangat besar, gravitasinya juga amat besar, sehingga penghancuran terus terjadi dan merusak segala sesuati di dalamnya. Kepadatan benda itu terus meningkat dan memaksa gravitasi meningkat pula, sampai tak ada satupun yang bebas dari pengaruhnya, bahkan cahaya sekalipun. Hasilnya adalah BLACK HOLE ätau Lubang hitam.

Image result for black hole
  • Apakah bagian inti dari Black Hole ? 
Bagian tengah / inti dari Black Hole sendiri adalah bintang yang telah mati dan hanya menyisakan gravitasi yang amat sangat besar yang akan menghisap seluruh benda/planet yang ada disekitarnya. Gravitasi sebuah matahari yang merupakan bintang yang kecil dapat menarik planet untuk mengitarinya, apalagi bintang yang memiliki massa ratusan juta kali dari Matahari. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Terjadinya Black Hole"

Posting Komentar